Home Lain-Lain Memilih Ban Sepeda Motor yang Paling Tepat

Memilih Ban Sepeda Motor yang Paling Tepat

Jadi, mana yang lebih penting: mendapatkan mesin sepeda motor terbaik atau menemukan ban sepeda motor terbaik? Bagi sebagian orang, menjawab pertanyaan itu atau membuat keputusan tentang hal itu mungkin merupakan tugas yang sulit atau tidak mungkin.

Kedua item diperlukan untuk beroperasi pada kinerja puncak dan dengan keamanan maksimum. Anda mencari akselerasi dan penanganan terbaik. Kedua item ini diperlukan untuk mendapatkan kualitas perjalanan yang Anda inginkan dari sepeda motor Anda, dan mereka tidak opsional. Memilih ban sepeda motor yang sesuai tidak terkecuali, karena sama pentingnya untuk alasan yang tercantum di atas, serta untuk berbagai alasan lainnya.

Ban-ban sepeda motor yang Anda pilih harus kompatibel dengan sepeda motor Anda. Fakta bahwa Anda memiliki ukuran yang benar bukanlah satu-satunya hal yang perlu dikhawatirkan. Penting untuk mempertimbangkan jenis berkendara dan oleh karena itu kategori sepeda saat merancang item seperti gaya tapak, bias ban, bahan ban, dan karakteristik umum lainnya untuk mendapatkan ban terbaik.

Berbeda dengan kebanyakan ban mobil, ban sepeda motor harus dipasang secara berbeda untuk roda depan dan belakang sepeda. Lokasi tertentu pada sepeda motor dipertimbangkan ketika merancang setiap ban sepeda motor, dan setiap ban memiliki serangkaian tujuan rekayasa yang berbeda untuk dicapai. Ban belakang bertanggung jawab atas sebagian besar akselerasi, dan ban depan bertanggung jawab atas proporsi daya pengereman yang lebih besar daripada yang dibutuhkan ban belakang. Mungkin ada perbedaan hingga 80% dalam persyaratan pengereman ban sepeda motor dalam situasi ini.

Sementara ban sepeda motor depan berbelok ke kiri dan kanan untuk mengakomodasi arah yang diinginkan, ban sepeda motor belakang hanya dikenakan lean sepeda, yang juga harus dipertimbangkan dalam desain dan pemilihan ban sepeda motor, seperti yang dinyatakan sebelumnya. Karena kenyataan bahwa ban belakang menanggung sebagian besar berat, persyaratan desain dan spesifikasi akan diubah.

Ban untuk balap motor

setelah itu, kita akan melihat jenis ban sepeda motor khusus: ban balap. Profesional, yang telah memilih ban favorit mereka, menginginkan kontak yang luar biasa dengan permukaan bahkan ketika bersandar pada sudut yang ekstrem. Ini selalu merupakan kualitas yang diinginkan yang dicari. Akselerasi ekstrem dari posisi berdiri atau keluar dari belokan, serta tekanan berkepanjangan pada kecepatan tinggi, semuanya memerlukan penggunaan ban balap motor khusus yang telah direkayasa khusus untuk mereka.

BACA JUGA  Harga Cushion, Cap, Balancer, Screw, Expander, Spoke Set, Tire, Wheel, Fender

Ban sepeda motor khusus ini diperlukan karena berjam-jam penyalahgunaan ekstrim dan konstan yang mereka terima di trek balap sepeda motor, serta persyaratan untuk hampir tahan tusukan dalam kondisi off-road. Karena mereka harus dapat melakukan sesuai harapan segera setelah pemasangan, ban sepeda motor ini jarang menerima periode run-in 100 mil yang direkomendasikan standar sebelum menabrak lintasan.

Ban untuk Sepeda Motor Sport

Ban sepeda motor ini, yang disebut sebagai ban” sport bias”, biasanya memiliki pola tapak gaya radial yang memberi mereka “tapak” ban yang lebih besar (kontak dengan permukaan jalan). Sepeda Sport biasanya dirancang untuk menjadi cepat di jalan, dengan kemampuan untuk pergi off-road jika kondisi menjamin itu. Untuk mengendarai sepeda jalan jenis ini, Anda harus memiliki kontak permukaan yang baik dengan tanah dan keterampilan menikung yang sangat baik. Persyaratan untuk tampil dalam berbagai kondisi cuaca juga menjadi sumber perhatian.

Proporsi tapak yang lebih besar ke ruang kosong harus dimasukkan dalam desain ban ini untuk memberikan cengkeraman yang lebih baik dalam kondisi basah dan kering. Pengendara sepeda Sport, seperti orang lain, ingin ban mereka bertahan selama mungkin. Senyawa tapak unik telah ditemukan selama dua puluh tahun terakhir, dan ini telah menghasilkan peningkatan kedua fitur, yang masing-masing meningkatkan cengkeraman dan meningkatkan ketahanan aus.

Ban untuk sepeda motor cruiser Yamaha, Honda, Kawasaki, dan produsen sepeda motor terkenal lainnya semuanya berlomba-lomba untuk menjadi sepeda motor terbaik dalam kategori khusus ini, dan persaingannya sangat ketat. Ban yang dipilih pabrikan sebagai peralatan asli untuk sepeda cruiser mereka adalah komponen penting dari peralatan standar yang membantu mereka mencapai kesuksesan.

Cengkeraman Superior pada semua permukaan jalan, termasuk aspal, beton, segel chip, dan lainnya, diperlukan terlepas dari kondisi cuaca. Proses desain selalu melibatkan mencolok keseimbangan antara kehidupan tapak maksimum dan pegangan yang luar biasa. Dalam kebanyakan kasus, cengkeraman dikorbankan dengan mengorbankan kehidupan tapak. Ban harus lunak agar dapat menempel di jalan, tetapi ban yang lebih keras memiliki umur tapak yang lebih lama daripada ban yang lebih lembut. Ini menghadirkan tantangan bagi para insinyur.

BACA JUGA  Daftar Harga Spare Part Plug, Washer, Gasher, Plug

Sebagai hasil dari pekerjaan yang dilakukan oleh Dunlop dan produsen ban lainnya, Dunlop adalah standar de facto untuk sebagian besar produsen sepeda terbaik dunia. Desain tapak untuk ban sepeda motor sekarang lebih efektif dalam menghilangkan air dari ban depan dan belakang.

Menggunakan plys tumpang tindih karet sintetis dan mesh komposit, desain bias-lapis ban sepeda motor tercapai. Ini akan memungkinkan sepeda motor mencapai keseimbangan yang baik antara kemampuan membawa beban dan kenyamanan berkendara secara keseluruhan.

Jika dibandingkan dengan desain sebelumnya, ban sepeda motor dengan alur tengah yang diimbangi di bagian luar ban telah meningkatkan stabilitas garis lurus. Ini membantu pengendara dalam mempertahankan posisi tegak sepeda dengan sedikit usaha.
Ban untuk sepeda motor touring: Ban Sepeda Motor Balap memiliki alur tapak yang lebih sedikit, yang memberikan cengkeraman terbaik, dan ban ini memiliki lengkungan tinggi dan mahkota tinggi, yang memungkinkan pengendara untuk mengemudi dengan cepat. Ada trade-off di sini, karena stabilitas ban berkurang sebagai akibatnya. Sebaliknya, ban sepeda motor touring harus memiliki karakteristik penanganan yang berlawanan dengan ban sepeda motor jalanan.

Untuk memastikan perjalanan yang sangat nyaman dan stabil dalam jarak jauh dalam berbagai kondisi cuaca, sepeda touring biasanya dibuat dengan rangka dan suspensi yang kaku. Karena berkurangnya jumlah alur, ban sepeda motor dapat berkinerja jauh lebih buruk dalam kondisi cuaca basah. Ban touring sepeda motor harus memberikan tingkat stabilitas setinggi mungkin sehingga pengendara sepeda motor dapat tetap tegak dengan sedikit usaha pribadi. Konsentrasi pengendara sepeda motor untuk tetap tegak, sebagaimana dibuktikan oleh bodi kecil yang konstan dan penyesuaian kemudi ke pusat keseimbangan, akan cepat menjadi lelah.

Ban sepeda motor yang dirancang untuk balap memiliki lapisan ekstra dan belitan internal yang lebih kencang, yang meningkatkan kekakuan ban sepeda motor dan membuatnya lebih stabil. Ini adalah periode di mana lapisan lapis yang lebih sedikit akan lebih aman dan akan menghasilkan perjalanan yang lebih nyaman. Jumlah lapis ban sepeda motor touring yang lebih rendah memungkinkan perjalanan yang lebih nyaman di jalan bergelombang, yang ideal untuk tur. Ban sepeda motor ini memberikan pengendaraan yang tidak terlalu bergelombang, dan mereka lebih cenderung mempertahankan kontak dengan jalan, yang sangat penting di sekitar tikungan dan tikungan tajam.

BACA JUGA  Daftar Harga Spare Part Spring, Bush, Union, Hose, Clamp

Cara di mana lapisan atau plys tersebut dibangun juga dapat memainkan peran penting. Pegangan samping yang disediakan oleh ban dengan plys yang tumpang tindih sangat baik, tetapi ban dengan konfigurasi sabuk tanpa sambungan memberikan pengendaraan yang lebih stabil dan lembut bagi pengendara sepeda motor.

Panas harus selalu dipertimbangkan saat mendesain ban sepeda motor. Karena gesekan tinggi konstan yang mereka alami saat membuat tikungan dan deselerasi yang cepat, ban sepeda motor balap mengalami suhu dan suhu yang sangat tinggi. Ban sepeda motor Touring juga dapat mengalami suhu ekstrim sebagai akibat dari perjalanan panjang yang konstan di aspal yang terik. Ban sepeda motor touring, di sisi lain, sengaja dirancang untuk bertahan lebih lama sebelum mengalami keausan yang berlebihan karena fakta bahwa profil lingkungan panas berbeda dan ban sepeda motor dirancang dengan mempertimbangkan hal ini.

Mereka juga lebih stabil dan memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi saat berkendara di berbagai lingkungan dan kondisi. Kendaraan ini akan mempertahankan karakteristik rekayasa yang sama selama lebih banyak siklus panas, dan itu akan memberikan perjalanan yang lebih nyaman dan menyenangkan selama kondisi jalan yang dapat diperkirakan.

Pastikan untuk memilih ban sepeda motor yang sesuai dengan jenis sepeda yang anda miliki dan gaya berkendara yang Anda sukai. Ketika datang untuk memilih ban sepeda motor Anda, anggaran Anda seharusnya tidak menjadi satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan. Pertimbangkan kenyamanan, kinerja, dan bahkan keamanan pribadi Anda sendiri saat membuat keputusan.